Thursday 19 January 2012

Chapter Twenty Two


Rumah orang tua Ibong berada di salah satu kecamatan yang cukup jauh dari ibu kota Kabupaten. Waktu tempuh rata-rata dari kota hingga ke rumah itu adalah sekitar 40 menit dengan asumsi jalanan nasional yang merupakan satu-satunya akses ke rumah itu tidak dipenuhi kendaraan berat antar provinsi.

Setengah jam yang lalu, dengan nomor khusus yang dipakainya untuk tujuan tertentu, ia telah memanggil tiga orang rekannya, Junaid, Burman dan Arhim. Mereka harus bertemu malam ini karena Boss sudah memberikan petunjuk.
Ibong adalah bekas ketua Tim Sukses mantan Bupati yang digantikan oleh Imran. Ketika tahapan awal pemilu kepala daerah periode lalu tengah berlangsung, Ibonglah yang menjadi aktor intelektual di balik kemenangan sang mantan. Ia memang hanya seorang pengusaha kecil, dengan bidang usaha jasa konstruksi kategori K2. Tapi ia punya koneksi dengan sumber uang yang mengalir bagai air terjun.
Di bawah kendalinya, seluruh orang-orang yang tergabung dalam timnya bekerja siang dan malam mengampanyekan sang calon. Mereka berkeliling dari desa yang satu ke desa lainnya sambil membagi-bagikan dua atau tiga liter gula pasir, sarung dan sejumlah uang kepada masyarakat, dengan syarat mereka akan memilih calonnya. Saat ditanya dari mana uang sebanyak itu untuk membeli gula pasir dan sarung, Ibong hanya menjawab pada sang calon Bupati, itu bukan urusan anda. Urusan anda adalah menjadi Bupati.
Calon Bupati itu percaya sepenuhnya pada kemampuan Ibong. Dan ternyata, kepercayaan itu tidak disia-siakan. Dengan manuver money politics, sugar politics dan saroong politics, Ibong berhasil mengantarkan calonnya menjadi bupati. Imbalannya sederhana, kata Ibong. Biarkan aku mengatur proyek, setengah dari hasilnya menjadi milik anda juga. Bupati setuju.
Selama hampir lima tahun bupati itu menjabat, Ibong juga berkuasa penuh dalam pengaturan proyek. Makanya, seiring dengan kemenangan calon yang didukungnya, pundi-pundi kekayaan Ibong juga ikut bertambah drastis.
Proyek-proyek APBD bernilai miliaran rupiah berada di bawah kekuasaannya. Kepala Dinas PU dan Ketua panitia pengadaan cukup bertanda tangan, tapi operasionalnya dijalankan sepenuhnya oleh Ibong. Jika seorang kontraktor bermaksud mendapatkan pekerjaan, berlututlah di hadapan Ibong, serahkan sejumlah sebuah amplop berisi uang angpaw, maka jatuhlah proyek itu kepadanya.
Besarnya angpaw bervariasi. Tergntung dari besar kecilnya nilai proyek dan bergantung kepada jenis proyek yang akan dikerjakan. Jika proyek itu adalah baggunan, maka nilai angpawnya sepuluh persen. Tapi kalau proyek itu adalah pengerjaan jalan, maka nilai angpawnya bisa mencapai dua belas persen.
Bersama tiga orang rekannya, Junaid, Burman dan Arhim, yang bertugas mengintimidasi para kontraktor, Ibong meraja lela, bukan saja  di kalangan kontraktor, tetapi juga di kalangan pimpinan lembaga perangkat daerah. Mereka bagaikan hantu yang menakutkan. Para kepala perangkat daerah tidak berkutik, karena mereka tahu Ibong adalah orangnya bupati.
Menjelang pemilu kepala daerah periode ini, Ibong dan tiga orang rekannya kembali menjalankan taktik dan strategi yang serupa dengan sebelumnya. Hanya saja kali ini mereka tidak segarang periode yang lalu. Mereka lebih percaya diri dan memiliki keyakinan menang yang berlipat ganda. Apalagi dengan posisi sebagai calon incumbent. Jangankan sebagai incumbent, menantang calon incumbent sekalipun mereka bisa memenangkan pemilu.
Tetapi perhitungan mereka ternyata meleset. Kebobrokan demi kebobrokan yang terjadi selama Bupati ini berkuasa, semisal praktek jual beli jabatan yang berlangsung secara terang-terangan, pengaturan proyek dengan angpaw yang mencekik, korupsi dan kebocoran anggaran yang tidak terkendali, membuat pemilih-pemilih yang lebih cerdas berpaling. Pasangan Imran dan Sufri menjelma menjadi pasangan alternatif yang lebih sejuk dan menjanjikan.
Memang masih ada masyarakat yang bodoh, gampang terpengaruh oleh manisnya gula, hangatnya sarung dan harumnya uang Ibong. Tetapi tidak semuanya. Masih lebih banyak yang mendambakan perbaikan secara sistematis. Maka Ibongpun kalah dengan telak.
Kekecewaan karena kekalahan itu tidak bisa ditanggung oleh Ibong. Miliaran uang yang sudah ia kucurkan untuk membiayai kampanye calon Bupatinya, lenyap tanpa bekas. Ia jatuh miskin, persis ketika proses pemilu kepala daerah yang lalu belum berlangsung. Seluruh koneksinya juga terputus. Bahkan ia masih harus melunasi berbagai kewajiban kepada pedagang grosir atas pengambilan ratusan kilogram gula pasir dan puluhan kodi sarung pelekat. Hal itulah yang membangun kebencian dan kedengkian terhadap pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode ini. Jika mereka tidak bisa dikalahkan dalam pemilu, selesaikan di luar arena. Maksudnya apa? Jika kita tidak bisa berkuasa, maka mereka juga tidak.
Tepat pukul sembilan malam, sebuah mobil berjalan pelan-pelan mendekati rumah rumah orang tua Ibong. Sesudah mendapatkan tanda berupa cahaya dari sebuah layar ponsel yang digerak-gerakkan oleh Ibong, mobil itu menepi dan berbelok ke bawah kolong rumah. Mobil itu diparkir berdampingan dengan sebuah mobil lain yang dirental Ibong sore tadi. Saat lampu depannya dimatikan, tak ada tanda sedikitpun kalau di bawah kolong rumah itu ada dua buah mobil sedang diparkir.
Selang sepuluh menit kemudian, sebuah mobil lain mengurangi kecepatan saat mendekati rumah itu. Kembali sebuah tanda berupa cahaya yang terbersit dari sebuah layar ponsel mmbuat mobil melambat dan membelok ke bawah kolong rumah orang tua Ibong, mobil itu berhenti dan diparkir di sisi dua mobil yang terlebih dahulu terparkir di situ. Mobil keempat menyusul sekitar lima belas menit kemudian dan mengikuti prosedur yang sama sebelum akhirnya turut terparkir seperti tiga mobil lainnya.
Lewat sebuah tangga yang terletak di bagian tengah rumah, mereka menaiki rumah itu lewat sebuah pintu yang berada di lantai rumah panggung itu. Keempatnya kemudian berkumpul di sebuah sofa tua. Istri Ibong menyiapkan penganan berupa buah-buahan yang dihasilkan dari kecamatan itu.
Ibong memandangi rekan-rekannya sesaat, sebelum memulai dengan kata-kata yang menyentuh dianggapnya bisa perasaan mereka, “orang-orang kita sudah banyak yang terpental.” Katanya pelan, tapi terdengar bagai bunyi gong yang bertalu-talu.  “Akses kita ke sumber-sumber anggaran juga sudah tertutup.”
Junaid yang pertama menanggapi, “masih ada dua orang anggota kita yang duduk dalam ‘kabinet’ ini. Apa mereka tidak bisa membantu?
“Tampaknya sangat susah. Posisi mereka tidak terlalu menguntungkan. Apalagi Sufri memegang kendali sepenuhnya atas penggunaan anggaran pada setiap perangkat daerah. Mereka tidak bisa berkutik.”
“Kalau begitu, loyalitas mereka pada boss harus dipertanyakan.”
“Ini bukan soal loyal atau tidak loyal, Arhim. Ini persoalan kesempatan.”
“Jadi menurut anda mereka masih setia?”
“Masih, saya kira. Cuma memang ruang gerak mereka sangat terbatas. Boss sendiri yang bilang begitu.”
“Jadi?” Tanya Arhim
“Kita sudah harus segera bertindak.” Kata Ibong lagi.
“Jadi?”
“Kita jalankan rencana yang sudah kita buat beberapa waktu yang lalu. Mulailah dengan menebang batang pohonnya.”
“Ok, saya setuju. Orang yang saya siapkan untuk menjalankan tugas itu juga sudah bisa segera didatangkan.” Junaid mendukung.
“Peralatannya?”
“Gampang. Semua sudah ada. Kapan saja kita minta, segera dia siapkan.”
“Ok, sekarang kita tinggal menunggu informasi dari bawah, kapan waktu yang tepat. Itu tugas Burman.”
“Siap, komandan.” Burman menyahut.
“Ingat, jangan sampai orangmu meninggalkan jejak.” Pesan Ibong.
“Tentu, boss.”
Seperti saat mereka datang, pulangnya pun mereka tidak berbarengan. Tidak melewati pintu depan. Melainkan lewat pintu yang ada di lantai. Lampu kendaraan tidak dinyalakan hingga mencapai jalan raya. Mereka keluar dengan selisih waktu antara 10 hingga lima belas menit. Ibong yang terakhir meninggalkan tempat itu setelah mengunci semua pintu dan jendela. 

No comments:

Post a Comment